Monday, January 28, 2013

Apa saja sih yang dipelajari dijurusan Sastra Inggris semester pertama?


Saya yakin pada dasarnya materi disetiap universitas sama, namun pasti juga terdapat beberapa perbedaan dengan materi yang diberikan dalam perkuliahan. Disini saya akan menjelaskan mengenai apa saja yang dipelajari mahasiswa Sastra Inggris semester pertama khususnya di Universitas Sebelas Maret (UNS).

Kartu Rencana Studi Semester 1


Berikut daftar mata kuliah(makul) dan SKS Sastra Inggris Semester pertama 2012
1.       Pendidikan Agama                                 2 sks
2.       Ilmu Alamiah Dasar                                2 sks
3.       Pronunciation 1                                      2 sks
4.       Structure 1                                             4 sks
5.       Listening 1                                              2 sks
6.       Reading 1                                               2 sks
7.       Speaking 1                                              4 sks
8.       Witing 1                                                  2 sks
9.       Pengantar Linguistik Umum                    2 sks
10.   Sejarah Kesustraan Inggris                     2 sks
Jumlah SKS untuk semester pertama adalah 24 dan untuk semester berikutnya mungkin sama atau bahkan berkurang.

Pendidikan agama pasti setiap orang tahu apa yang dipelajari sesuai dengan agama yang dipeluknya. Untuk yang atheis kurang tau gimana nantinya :D

Ilmu alamiah dasar adalah mata kuliah tambahan bagi jurusan yang merupakan rumpun IPS atau  sosial. Yang dipelajari adalah IPA dalam lingkup luas atau IPA secara umum.

Pronunciation 1 adalah salah satu dari mata kuliah skill wajib bagi mahasiswa Sastra Inggris. Makul ini mempelajari tentang cara pengucapan yang benar mulai dari setiap huruf, kata, paragraf sampai text dan juga mengenai phonetics symbol. Baik itu teks deskriptif ataupun teks naskah pembawa berita (anchor). Menurut saya yang menarik dalam makul ini adalah gerak mulut dan lidah dalam memproduksi sebuah bunyi. Pada semester ini dosen tertentu (dosen saya kelas C adalah Mr. Yusuf) meminta untuk membawa cermin ketika perkuliahan agar kita dapat melihat bagaimana kesatuan organ oral kita memproduksi bunyi dari kata yang kita baca. Dan ini adalah hal yang lucu saat melihat diri kita dicermin dengan mengikuti cara orang barat berbicara.

Structure 1. Mengapa terdapat angka 1 untuk beberapa makul, itu dikarenakan nanti disemester berikutnya akan ada makul lanjutan di level yang lebih berat #mungkin :D. Btw, yang dipelajari dari makul ini adalah Grammar. Untuk dosen makul ini benar-benar sangat pintar dalam membuat mahasiswa pusing dan bingung. Soal-soal yang biasa diberikan ketika tes contohnya sperti ini :
1. Apakah buku yang lebih tebal daripada buku ini harus diperlakukan dengan hati-hati oleh gadis yang rambutnyasepanjang ekor kuda?
2. Chocan berharap ia telah membeli sebuah mobil mewah yang dilengkapi dengan AC denso sebelum ia bertemu dengan gadis yang memakai baju “pregnant looked” satu semester yang lalu.
Apakah ada yang mau mencoba jawab???

Listening tentu saja mempelajari cara mendengarkan dengan baik berbagai audio dalam bentuk descriptive, recount, maupun procedure. Dan tentu setiap pertemuan pasti praktek listening. Karena dosen yang menyenangkan dan interaktif suasana perkuliahan yang berada di Lab tidak bosen dan lebih hidup.

Reading. Ini adalah makul paling membosankan untuk saya. Selain pelajarannya yang membaca tapi juga jadwalnya yang berada dijam siang. Udah ngantuk tenaga sisa tadi pagi uda habis harus baca lagi,.. begitu berat rasanya.#based on my arogant opinion. Anyway selain baca tentunya ada tujuan dalam proses membaca teks yaitu mencari gagasan pokok, merangkum isi bacaan dan sebangsanya. Kebanyakan yang dipelajari dalam semester satu adalah mengenai teks desciptive, report, recount dan procedure.

Writing. Kebalikan dari reading. Kita menulis teks yang sudah saya sebutkan sebelumnya tadi. Tentu grammar juga menjadi salah satu aspek yang bermain peran dalam makul ini.

Speaking. Kebalikan dari listening. Kita berbicara namun dalam kasus tertentu kita juga harus mendengarkan lawan bicara kita(ketika role play). Dalam makul ini kita biasanya dihadapkan dalam situasitertentu dan kita diminta untuk berbicara atau berperan dalam situasi tersebut. Misalkan ada teman yang ada masalah dengan pacarnya kemudian kita diminta untuk memberikan saran secara langsung (spoken) kepadanya di depan kelas.

Pengantar Linguistik Umum adalah makul yang lumayan asyik. Karena sebenarnya kita sudah sering menemui bahan-bahan materi ketika di bangku SMA/K. Hal dipelajari meliputi Phonology, Syntax, Semantics dan juga lupa saya :D.

Sejarah Kesustraan Inggris. Ini adalah makul yang paling saya gemari. Mungkin bisa dibilang passion-ku. Mempelajari mengenai perkembangan sastra inggris baik berupa puisi, prosa maupun drama. Perjalanan sastra inggris yang dipelajari dimulai dari abad pertengahan sampai awal abad 20. Yang paling aku suka ketika mempelajari perkembangan zaman Elizabethan, Romantism dan juga Vitorian. Karena pada masa itu muncul tokoh besar yaitu William Shakespears(karya: Romeo and Juliet) dan Jane Austen(karya: Pride and Prejudice). Ini adalah salah satu yang membedakan antara Sastra Inggris dengan pendidikan Inggris.

Itulah makul-makul yang dipelajari mahasiswa sastra inggris pada semester pertama khususnya di UNS. Semoga dapat menjadi informasi bagi temen-temen yang tertarik atau pengen tau lebih tentang Sastra Inggris.

105 comments:

  1. Kak, mau tanya. Kuliah di sastra inggris UNS asik ga? Waktu MOS baik cowok/cewek bajunya gimana? Tolong infonya ya kak, makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik kok dek. Dosennya juga asik2. g tua semua, sebagian ada yang masih muda. tapi juga ada cumanya, karena g mempelajari bahasa asing lain. jadi fokus sama bahasa Inggris.

      Untuk masalah Mos, baju wajar, g ada yang neko2, kebetulan Ospek tahun ini yang mengurus angkatanku, dan tidak seperti di SMA dek. temanya asik bareng2. :)

      Delete
  2. kak, kalo dalam mapel ilmu alamiah dasar.. yg di pelajari kan ips, apakah itu termasuk sejarah dan sosiologi? dalam sastra pasti tidak ada mapel hitung"an kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kita(sastra inggris)yang berasal dari rumpun IPS, IADnya mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam dek, tapi dalam skala umum. jadi tidak spesifik bangetkimia/biologi/fisika. di Sastra Inggris untuk semester yang sudah aku lewati tidak ada hitung-hitungan dek. :)

      Delete
  3. belajar grammar waktu kuliah susah apa enggak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sastra inggris karena sering dapet materi ini jadi bisa terbiasa sama grammar dan menjadi lebih mudah pemahamannya.

      Delete
  4. kak, mau tanya, sastra inggris bisa lanjut s2 jurusan apa saja ya? terimakasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. setauku bisa apa aja dek. referensi: beberapa waktu lalu sharing sama anak s2.

      Delete
    2. Info tambahan:
      Kalau ingin melanjutkan S2 yang serumpun dengan Bahasa Inggris, bisa juga memilih jurusan seperti: S2 linguistik penerjemahan, Kajian Amerika, Sastra atau juga S2 Pendidikan Bahasa Inggris. :)

      Delete
  5. dosen pas jelasin pake bhs inggris jugakah? :0

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, terutama untuk materi skills. Untuk speaking justru full english. Tapi dalam menjelaskan dosen juga perngertian kok, misalkan ada vocabs yang sulit akan dijelaskan dengan bahasa Indonesia.

      Untuk materi mata kuliah umum, karena dosen dari luar sastra Inggris jadi penyampaian dalam bahasa Indonesia.

      Delete
  6. kak, asik ga jd anak sasing? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  7. banyak peluang gak lap.kerjea sastra inggris///

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengenai banyak peluang apa tidak itu sebenarnya tergantung darimana kita melihatnya. Sebenarnya jurusan yang kita pilih tidak harus menjadi acuan kita untuk menjadi apa dikedepannya. Ambil saja contoh: Saya punya teman kos anak pertanian, karena dia sering mengikuti kegiatan training dia lama2 menjadi traner. Dan sekarang dia menjadi manager trainer yang bisa dibilang sukses.

      Delete
  8. utk anak IPA yg ambil Sasing, IADnya gmn???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti tetap dapet IAD. Karena perspektif IPA/IPS dilihat dari jurusan kuliah bukan dari jurusan ketika di SMA. :)

      Delete
  9. Replies
    1. Semua bisa masuk Sasing asalkan lulus seleksi. hehehe
      Karena di jurusan Sasing tidak ada seleksi praktek.
      insyaAllah di Sasing akan ada banyak peluang untuk melatih skill public speaking jadi tidak perlu khawatir. :)

      Delete
  10. Mas mau tanya, apakah ada jurusan bhs inggris S1 UNS kelas malam untuk karyawan? Klo ada dimana saya bsa dpatkan info cara pendftaran dan biaya perkuliahannya?

    ReplyDelete
  11. maaf, setau saya tidak ada. Setau saya yang berkaitan dengan bahasa Inggris cuma ada S1 FKIP bahasa Inggris, S1 Sastra Inggris, D3 Bahasa Inggris, dan juga Transfer dari D3 ke S1 Sastra Inggris.

    ReplyDelete
  12. apakah jika ingin kuliah sastra
    inggris harus bisa bhsa inggrs terlbh
    dhulu? lalu bgaimana dg yg blm bisa
    atau hanya sdkit bisa tpi ingin
    kuliah jurusan ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum menjawab pertanyaan Anon:
      mungkin kalau sekedar ingin bisa praktek bahasa Inggris kalau saya boleh menyarankan lebih baik ke lembaga kursus. Tetapi kalau tidak hanya sekedar "bisa" berbahasa inggris bisa memilih jurusan ini. Di Sastra Inggris kita tidak hanya belajar bicara dengan bahasa Inggris namun juga mempelajari ilmu kebahasaan dan juga budaya.
      1. Tidak harus. Karena di semester awal masih menggunakan bilingual dan beberapa mata kuliah umum masih menggunakan bahasa Indonesia dalam pengajarannya.
      2. Apabila keinginan untuk kuliah dijurusan ini memang kuat, pasti nanti akan ada kemudahan dengan usaha-usaha yang anon keluarkan.
      Satu catatan khusus: Kita mempelajari materi di Sastra Inggris dimulai dari awal. Jadi tidak langsung yang berat-berat. :)

      Delete
  13. Ka, apa harus bisa fasih bhs.inggris klo mau ambil jurusan ini? Bgmn klo msh belum maksimal dlm listening? Oiya, engga ada matematika kyk di Sma ka? Hehehe thank you before =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Untuk masuk pertama ngga perlu fasih dulu. Nanti akan diajari mulai dari dasar.
      2. Nanti ada mata kuliah listening selama 3 semester, jadi tidak perlu khawatir kalau kemampuan listeningnya masih kurang karena akan dipelajari disini.
      3. So far, tidak ada sama sekali.

      Delete
  14. Kak aku mau tau banyak tentang sastra inggris. Aku lagi dlm masa pemilihan univ dan jurusan. Aku berminat sastra inggris, tp masih ada pertimbangan lainnya. Can you help me?

    ReplyDelete
  15. kak saya mau nanya apa nanti kalo masuk sastra inggris belajar dari dasar dulu pas awalnya? aku minat di sastra inggris tapi aku ga terlalu fasih bahasa inggrisnya, apa itu bakal menghambat nantinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semua belajar dari awal. Kalau kamu gigih pasti nanti akan jadi mahir dalam bidang yang ingin kamu tekuni.

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Kak, btw apa yg membedakan S-1 sassing dengan D-3 bhs inggris? Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepengetahuan saya hal yang paling membedakan antara D3 dengan S1 terletak pada tujuan pembelajaran. D3 lebih dipersiapkan untuk langsung ke dunia kerja. Namun bukan berarti lulusan S1 tidak bisa siap kerja. Lulusan S1 mempunyai dua pilihan setelah lulus. Lanjut atau kerja. meskipun juga D3 bisa transfer tapi kenapa harus transfer kalau bisa ke S1. Terlebih ngga banyak yang buka jurusan transfer. Berhubung saya mahasiswa S1, saya akan merekomendasikan untuk memilih S1 karena ilmu yang dipelajari lebih mendalam yang S1 daripada D3. Perlu diingat bahwa Sastra Inggris (S1 khususnya) akan menghasilkan keluaran mahasiswa yang ahli dibidang (misalnya) penerjemahan, sastra, bahasa dan juga kajian budaya.

      Delete
  18. Kak, saya kelas 12 sma ipa, apakah snmptn berpeluang/bisa memilih sastra inggris/pendidikan bahasa inggris? mohon infonya..

    ReplyDelete
  19. Pendidikan bahasa Inggris dan Sastra Inggris setauku masuk rumpun IPS pas tahunku dulu. Setauku kalau jalur snmptn (Undangan) harus sesuai dengan jurusan di SMA. Tapi kalau tertulis bisa mengambil yang lintas jurusan. (Jawaban tersebut terbatas atas pengetahuan dan pengalaman pribadi. #BelumUpdate)

    ReplyDelete
  20. Kak klo milih jalur sasing uns itu bisa lewat jalur apa aja ya? selain sbmptn?

    ReplyDelete
  21. Biasanya ada jalur undangan (snmptn) dan tulis (snmbptn). 2 tahun kemarin ada jalur mandiri, namun kurang tahu apakah masih diterapkan untuk seleksi tahun ini.

    ReplyDelete
  22. Kak saya tertarik banget masuk jurusan ini ,saya smk jurusan multimedia ,mudah mudahan tahun ini lulus ,dan tahun ini masuk di jurusan ini amin :) .bener gak sih kak bahasa inggris itu banyak macemnya ? kaya Ingris dari UK ,USA , dll nah yang kita pelajari nanti inggris yang mana kak ? saya suka merhatiin kosa kata dari film ,lagu ,dll kadang kita praktikan di kelas dengan teman teman ,apa bedanya Inggris UK dengan yang lainnya kak ?banyak orang umum kan tau nya inggris di dunia ya itu itu aja bahasanya , mohon penjelasannya ya kak , Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. semoga bisa bergabung dengan keluarga besar Sastra Inggris FIB UNS. Iya benar bahasa Inggris secara geografis memang ada beberapa jenis seperti British English, American English, bahkan juga Australian.

      Yang kita pelajarin bahasa Inggris yang British dan America. Sebenarnya kalau kamu mau mengikuti American English juga gpp, asalkan konsisten. Kita dibebaskan untuk memilih. Kalau dosen-dosen di Sastra Inggris beragam dalampenggunaan bahasa Inggris. Cara berbicara terkadang juga dipengaruhi dimana mereka sekolah S2. Kalau yang S2nya sekolah di Inggris maka gaya bicaranya pun juga ada logat Inggrisnya.

      Secara umum bahasa inggris yang saya sebutin tadi sama, cma ada beberapa perbedaan dilihat dari pronunciation, spelling dan vocabs. Contohnya untuk pronunciation kata "directition", AmE bacanya /direksyen/, sedangkan kalau BrE bacanya /Daireksyen/. Dari spelling misalnya "warna", AmE ditulisnya COLOR sedangkan kalau BrE COLOUR. Sedangkan untuk kosa kata, misalnya musin gugur, AmE Fall sedangkan BrE autumn, dll.

      :)

      Delete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Ka kalo mau masuk sastra inggris tp kampus itu akreditasinya B atau C itu Ngaruh ga sama nanti pas masuk kerjanya? Thanks before;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya memang akreditasi kampus atau jurusan menjadi salah satu kriteria beberapa perusahaan, tapi tidak semua. Biasanya perusahaan yang besar atau sudah mapan mencari lulusan yang paling tidak berasal dari universitas atau jurusan yang berakreditasi min B. UNS tahun ini akreditasinya A.

      Delete
  25. kak mau tanya aku gak bgitu tau bahasa inggris bahkan tidak tau sama sekali tapi aku tapi aku udah keterima dijurusan fkip bahasa inggris aku takut mungkin aku paling bodoh nanti

    ReplyDelete
  26. Selama kamu ada niat dan usaha untuk belajar pasti nanti akan diberi kelancaran :) Terlebih nanti di kampus materi yang diajarkan juga dari awal, meskipun mungkin bisa dibilang agak ngebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada program beasiswanya gc kak, kedepannya ?

      Delete
    2. @Weyldan ada kok. beasiswa kampus ada banyak. Ada juga beasiswa kesempatan belajar short course di luar negeri juga. pinter-pinter cari info aja.

      Delete
  27. Aku mau tanya....apakah jurusan sasing ini membutuhkan skill sosial yg kuat soalnya saya seorang introvert...you know.... introvert can't act like most people do or think they are so quiet and different from other people :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tbh I was (am) an introvert as well and I can fit myself well in this department. One thing for sure, you will never be an introvert forever. I recommend you joining some UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) or HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) to be more social.
      It would be better if you have many friends to broaden your connection, but if you are really that introvert just be you then. True friends will come to you as long as you have a will to make friends.
      Jawaban intinya adalah menurutku penting untuk memiliki kemampuan social, terlebih untuk bahasa inggris salah satu kompetensinya adalah komunikasi.
      Last but not least, even though introvert people cant act like others, it doesn't mean that they cant do better things.

      Delete
  28. Kak saya baru masuk sasing taun ini, mau nanya apa kita bakal belajar hitung2an seperti statistika gitu di linguistik? Apa benar2 sastra inggris tidak ada hitungan sama sekali? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. berdasarkan teman saya yang ambil penjurusan Linguistik, ada hitung-hitungan sedikit berupa persentase.

      Delete
  29. Hai, kak. Saya seorang mahasiswi jurusan sastra inggris semester 3. Semester ini, saya pertama kali belajar linguistik. Saya agak bingung dalam mata kuliah tersebut. Apakah kakak punya rekomendasi buku sumber linguistik ga? terus kakak punya rekomendasi novel yang seru dibaca ga? Hope, you'll tell me.
    Thanks before.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu aku hanya mengandalkan dosen untuk mata kuliah pengantar linguistik umum karena penjelasan dari dosen sudah jelas. Dulu memang ada buku pegangan linguistik, tapi dipinjam temenku dan sampai sekarang belum dikembalikan sejak 4 semester yang lalu, jadi aku lupa judul bukunya. ✌
      Mugkin saran yang bisa aku berikan, kamu pergi ke Perpustakaan dan cari lewat katalog online dengan judul "Introduction to Linguistics" atau "Pengantar Linguistik Umum".

      Untuk Novel, ada banyak novel yang menarik. Aku lebih suka novel romance klasik karya Jane Austin, dan juga novel scifi seperti hunger games series, dll. Sekarang ini aku lagi menyelesaikan novel berjudul Best Man karya Matt Dunn yang menurutku lumayan bagus dalam menceritakan sudut pandang seorang laki-laki terhadap persahabatan, pernikahan, dan hal pribadi lainnya.

      Delete
  30. kakak sendiri sekarang kerja dimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh, kerja ya, aku ini masih semester 7, hehehe. Masih ada program magang dan Skripsi juga. Namun selama ini aku ada kerja part time juga di kampus sebagai librarian dan juga penerjemah. Kebanyakan nerjemahin abstrak dari temen-temen yang dari fakultas lain, terkadang juga diminta bantu dosen untuk menemani tamu dari luar negeri sebagai guide atau LO tamu yang dari luar negeri di event-event internasional.

      Delete
  31. kak kok di blog UNS gak ada pemberitahuan PMBnya ya? linknya yg ini kan ya http://uns.ac.id/id/ kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin sebelum tanggal tersebut memang belum dipublish secara resmi. coba cek lagi sekarang

      Delete
  32. Saya mau beli buku buku sastra inggris di toko mana ya? Yang online?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek periplus, Books and Beyond, Opentrolley, amazon, bookdepository,waterstone. :)

      Delete
  33. ka misalnya nanti bikin skripsi , bahasanya pake bahasa inggris?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris UNS,skripsi menggunakan bahasa inggris.

      Delete
  34. Kak mau nanya, kuliah jurusan sasing di UNS ada mapel bhs asing selain bhs inggris nggak ?

    ReplyDelete
  35. Kak. Buku yg dibutuhkan disasing apa aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. To Ratih: ada banyak. Di setiap mata kuliah akan ada buku panduan yang nanti akan diberikan oleh dosen, baik itu hard/softcopy.

      Delete
  36. Ka aku mau nanya saya mau masuk sastra inggris, tapi klo ndengerin orang asing bicara dengan cepat terkadang masih belum bisa maksudu, tapi klo pelan2 saya sudah bisa memahami. Ini juga ngaruh sama kosakata ngga ya ka?. Saran kaka lanjut untuk masuk atau gimana. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. to Wawan: Itu memang wajar kalau mendengar orang asing bicara dengan cepat kita kadang gagal paham. Saranku, kamu bisa latihan dengan sering-sering mendengarkan aksen bahasa inggris yang berbeda. Ambil saja contoh aksen Inggris Amerika, Inggris British, dan Inggris Australia.

      Sekaliapun cepat kalau kosa kata bahasa inggris kita sudah lumayan banyak, kita akan bisa paham.
      Kalau kamu ingin mempelajari bahasa inggris lebih dalam, kamu bisa lanjut untuk mendaftar jurusan ini.Kalau kamu sekedar ingin bisa ngomong bahasa inggris, aku sarankan mengambil kursus karena di Sastra Inggris ada lagi penjurusan ilmu yang akan dipelajari lebih dalam seperti Ilmu Sastra, Ilmu Linguistik, Ilmu penerjemahan dan juga Ilmu pengkajian budaya Barat (Amerika).

      Delete
  37. Terimakasih atas sarannya ka, jadi aku masih bisa masuk sastra inggris dan tinggal latihan lagi buat memperbaiki listeningnya ya ka, terimakasih.

    ReplyDelete
  38. Hallo kak... aku mau nanya. Tahun ini aku mau kuliah tapi masih bingung pilih jurusan antara manajemen atau sastra inggris. Yg ingin aku tanyakan, apakah kuliah sastra inggris itu susah? dan bagaimna prospek kariernya nanti? Aku minat sastra inggris krna bhs. Inggris pelajaran favorit walaupun ga pinter2 bgt. Mohon penjelasannya yah.. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga Yanna Kartika, Pada dasarnya untuk bahasa inggris sendiri tidak terlalu sulit untuk pendalaman skill (listening, speaking, grammar), tetapi di Sastra Inggris ada materi yang lebih dalam tidak hanya sekedar bisa ngomong bahasa Inggris. Materi tersebut adalah Linguistik bahasa inggris (ilmu bahasa), penerjemahan, sastra, dan kajian Amerika. Untuk karier sendiri di Sastra Inggris ada banyak peluang, kamu bisa saja jadi dosen apabila mau meneruskan s2, jadi mentor bahasa inggris, tour guide, duta besar, dll. Semoga jawaban tersebut bisa membantu.

      Delete
  39. ka bedanya sastra inggris sama pendidikan bahasa inggris apa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya aku sudah pernah jawab pertanyaan serupa, tapi agar lebih jelasnya aku bisa jawab singkat dan jelas. Jadi kalau di Sastra Inggris mahasiswa akan mempelajari semua macam skill bahasa inggris selain itu juga akan ada pendalaman materi untuk pengkajian budaya (di UI ada kajian budaya Amerika dan Inggris, sedangkan kalau di UNS hanya ada Amerika), linguistik, sastra dan penerjemahan. Sedangkan untuk di FKIP juga mempelajari semua skill bahasa Inggris, namun materi bahasa inggris tidak begitu sedetail Sastra Inggris, meskipun di FKIP juga ada mata kuliah linguistik, drama, dll. Yang jelas membedakan adalah FKIP Bahasa Inggris tentu ada mata kuliah yang berkaitan dengan pendidikan atau pengajaran, atau semacamnya

      Delete
  40. kak aku diterima snmptn sastra inggris.. trus nanti skripsinya gmana ya kak? thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat Wul Mudiy. Diterima di Universitas mana? Kalau di Universitas Sebelas Maret (UNS) nanti skripsinya dalam bahasa Inggris. Untuk masalah tema sangat luas. Nanti akan tergantung dengan peminatan yang kamu pilih. kalau disini ada 4: American Studies, Linguistics, Translation, and Literature.

      Delete
  41. Ka, saran dong..
    Aku bener2 bingung banget,aku mau kerja dulu baru kuliah karna gakmau membebani ortu, nah aku dari smk jurusan akuntansi, aku mau banget ambil sastra inggris karna aku suka tapi aku gak jago bahasa inggris :(,tapi kalo nanti aku kuliah ambil sassing masih nyambung gak sama kerjaanku dikantor?
    Maunya sih jadi penerjemah gitu tapi kalo disambil kerja kantor gak masalah kan ya? Atau aku ambil kursus bahasa inggris aja?

    Dan satu lagi, kalo D3 sassing itu gak ada ya ka? Adanya cuma S1 aja? Karna aku lebih suka banyak prakteknya daripada teori :D
    Aku bingung sama tujuan hidup :( tolong bantu saran ya ka.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Lisia,
      Accounting is a big deal. Setiap lembaga atau instansi pasti membutuhkan tenaga akuntan. Kalau kamu ingin kuliah, kenapa tidak mengambil jurusan yang berkaitan dengan akuntasi karena kamu juga sudah punya basicnya lebih dulu. Istilah di Akuntansi juga kebanyakan menggunakan bahasa Inggris, disitu kamu juga bisa sekalian belajar bahasa Inggris.

      Kalau kamu sekedar pengen bisa bahasa Inggris, kamu bisa ikut kursus di tempat yang memang sudah jelas kualitas lembaga kursusnya. At least, keluar dari lembaga tsb, kamu sudah jago ngomong bahasa Inggris.

      Kamu bisa juga bekerja dan kuliah. Weekday bekerja sedangkan untuk weekend kamu kuliah. Tapi ngga kebayang bagaimana capeknya nanti. Semua tergantung dengan time managemen kamu.
      Kamu pengen jadi penerjemah yang seperti apa? Soalnya penerjemah sendiri ada beberapa macam. contohnya penerjemah buku atau teks (lebih ke tulisan) dan juga penerjemah langsung (speaking skill/ intepreter).

      Di UNS dan beberapa kampus seperti UNDIP dan UGM ada jurusan D3 Bahasa Inggrisnya.

      Semoga jawaban tersebut bisa membantu, kalau ada yang mau ditanyakan, please do ask

      Delete
  42. hai, Kak ! Salam kenal... Mau nanya dong kak.. Peluang sastra inggris lewat jalur mandiri UNS gimana ya, kak ? Well, sedikit curcol, aku daftar sastra inggris UI buat sbmptn and i got rejected XD Krna masih pengen bgt berjuang dapetin sastra inggris, skrg lagi nyoba segala peruntungan hiks. Dan UNS bikin tertarik bgt nihh, plus lokasinya yg di Solo bikin tmbah semangat. Pray for me ya, Kak ! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Asya, salam kenal juga.
      Berkaitan dengan peluang, semua tergantung dengan hasil sbmptn kamu yang nantinya akan dibandingkan dengan pelamar jalur mandiri Sastra Inggris UNS yang lain. Untuk kuota, biasanya berkisar 20% dari keseluruhan daya tampung.
      Well, I wish the best for you girl

      Delete
  43. kak belajar di jurusan sastra inggris, susah gak ? terus susah nya bagaimana? kalau enak nya apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah susah gampang, ingatlah setiap ada kesusahan pasti ada kemudahan. Hohoho
      Kalau kita sudah di bidang yg kita suka, apapun itu meskipun mudah pasti kita akan berusaha mengatasinya.
      Kalau aku pribadi dalam pengaplikasian teori sosial untuk penerapannya dalam kajian Amerika. Teori kebahasaan linguistik aku juga kurang paham karena memang bukan bidangku. Jadi bahasa inggris itu luas kok. Ngga sekedar bisa cas cus ngomong.
      Enaknya banyak banget.

      Delete
  44. Hi kak, saya bukan bagian dari mahasiswa sastra inggris ataupun pend. bahasa inggris. Saya dari fakultas dan prodi yang engga ada bahasa inggrisnya samsek, tapi saya suka bahasa inggris. Selama beberapa tahun ini saya ada tujuan buat imrpove skills bahasa inggris saya mulai dari reading, listening, writing, dan speaking tapi saya tidak menggunakan lembaga les privat dll. Selama proses belajar saya memang ada peningkatan pesat terutama speaking dan listening saya, dan kendala utama saya ada pada tata bahasanya (terutama saat speaking, that sucks) dan juga saya masih berbelit-belit pas bicara ini dan itu. Karna tata bahasa memang sangat penting (banget) supaya orang yang kita ajak bicara mudeng dan paham, kalau boleh tau kak, ada saran dan tips buat menguasai grammar buat daily conversation ataupun writing an essay dari kakak yang notabene sebagai mahasiswa sastra inggris? Terimakasih kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang belajar grammar itu penting, karena berkaitan dengan *waktu*.
      Selain kamu emang harus mengerti dan paham grammar, untuk sekedar conversation, kamu bisa aja menghafal ungkapan yg biasa digunakan untuk menyampaikan sesuatu.
      Untuk lebih jelasnya bisa chat via sosmed aja. Thanks

      Delete
  45. Kak aku pgn masuk sasing tapi aku anak smk i apa bisa?

    ReplyDelete
  46. Kak aku pgn masuk sasing tapi aku anak smk i apa bisa?

    ReplyDelete
  47. di sasing sendiri ngga ada hitung-hitunganya tah kak. dari semester 1 sampai akhir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sam sekali ngga ada. Misalkan adapun sekedar presentasi sederhana. Murni bahasa.

      Delete
  48. Kak kalo lulusan sastra inggris itu kerjanya ga cuman jadi guru kan? Denger denger nih lulusan sastra inggria juga bisa kerja di perusahaan multinasional/internasional gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sastra Inggris tidak membatasi nanti mau bekerja dibidang apa, mulai dari bidang pendidikan, pariwisata, pemerintah, dan juga perusahaan multi nasional juga bisa. Terutama bagian ekspor impor anak sastra inggris juga sering dibutuhkan untuk menangani transaksi dengan pihak luar negeri.

      Delete
  49. informasinya sangat membantu untuk kita yang ingin masuk jurusan sastra inggris. kalian juga bisa melihat sap sastra inggris universitas gunadarma di sap.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete
  50. informasinya sangat membantu untuk kita yang ingin masuk jurusan sastra inggris. kalian juga bisa melihat sap sastra inggris universitas gunadarma di sap.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete
  51. Kak kalo lulusan sastra inggis bagaimana peluang kerjanya?apakah hanya menjadi penerjemah bahasa saja?terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://ujiklifeline.blogspot.co.id/2016/05/sastra-inggris-mau-jadi-apa-setelah.html?m=1

      Delete
  52. Susah ga sih kak anak smk masuk sastra inggris di uns? Aku sebenernya udah masuk sastra inggris di salah satu universitas islam tapi aku pgen pindah soalnya nggak betah :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Dinda Sorry I've been busy with my world lately so I just be able to reply your comment. Well, kalau kamu mau mencoba SBMPTN, latar belakang jurusan ata sekolah ngga akan berpengaruh, karena murni melalui test untuk seleksinya.
      Kalau boleh tau alasan kamu pindah dari universitas sekarang apa? Perbedaan jurusan bahasa Inggris ditiap Universitas menurutku ngga terlalu besar, paling di beberapa mata kuliah sama penjurusan khususnyA, seperti Sastra, Linguistik, Penerjemahan dan kajian budaya Inggris dan Amerika.

      Delete
  53. Hai kak.. Mau nannya aku maj ikut jalur SNMPTN ambil urusan hubungan internasional dan sastra inggris. Sedangkan aku anak IPA itu ngaruh gak sih kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh-boleh saja, tapi memang SNMPTN silit ditebak. Temenku juga ada anak IPA yang masuk Sastra Inggris. it all depends on your achievements.

      Delete
  54. Hai kak aku anak IPA, tapi saya mengambil jurusan sastra inggris untuk SNMPTN tahun ini lalu saya juga telah menambahkan berkas sertifikat yg berhubungan dengan kebahasaan seperti duta bahasa jawa barat, dan lainnya. Apakah itu akan memperbesar peluang saya untuk diterima di PTN tersebut? Te

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Yuni, sebenernya lintas jurusan untuk SNMPTN sah sah aja selama jurusan yang dipilih bukan jurusan Kedokteran yg notabene haus dari IPA. Ada kemungkinan peluang kamu lebih besar, namun faktor pencapaian dari pendaftar lain juga bisa menjadi faktor penentu.

      Delete
  55. Kak, saya saat ini sedang mengikuti jalur pmdk uns saya berharap bisa mendapatkan nya kak. Saya jugaa bisa dalam conversation walaupun belom mahir bgt dan grammar nya belom terlalu baik. Apakah di uns akan diajarkan grammar? As i know grammar itu agak sedikit sulit dan harus dihapal terutama juga menghapal yang 16 tenses. Apakah di uns juga di ajarkan seperti itu?

    ReplyDelete
  56. Kak, saya saat ini sedang mengikuti jalur pmdk uns saya berharap bisa mendapatkan nya kak. Saya jugaa bisa dalam conversation walaupun belom mahir bgt dan grammar nya belom terlalu baik. Apakah di uns akan diajarkan grammar? As i know grammar itu agak sedikit sulit dan harus dihapal terutama juga menghapal yang 16 tenses. Apakah di uns juga di ajarkan seperti itu?

    ReplyDelete
  57. Kak, saya saat ini sedang mengikuti jalur pmdk uns saya berharap bisa mendapatkan nya kak. Saya jugaa bisa dalam conversation walaupun belom mahir bgt dan grammar nya belom terlalu baik. Apakah di uns akan diajarkan grammar? As i know grammar itu agak sedikit sulit dan harus dihapal terutama juga menghapal yang 16 tenses. Apakah di uns juga di ajarkan seperti itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Hammad,
      Tentu saja di UNS diajarkan grammar. Ditahun pertama akan diajarkan grammar (disebut kelas Structure). Tidak hanya grammar, namun juga semua skills dasar termasuk speaking, writing,reading, pronunciation, and listening.
      Good luck

      Delete
  58. Kakak dulu keterima di UNS lewat jalur apa? Dan bagaimana supaya bisa keterima kalau ikut sbmptn? Thanks before...

    ReplyDelete
  59. Kak di kuliahan biasanya jurusan uang sering kena bully ap y kak?

    ReplyDelete
  60. halo kak, aku pejuang ptn 2019 berminat bgt sm bhs inggris dan pgn masuk sasing/fkip bhs inggris. tapi fkip aku ga sreg buat jadi pengajar/ guru. kalo sasing... cuma lagi bingung aja, i'm afraid denger anak sasing yg belajarnya novel dan sastra susah gitu. menurut kakak, pelajarin kaya gitu susah bgt ga? dan masuk sasing uns gampang atau ga? it helps me a lot if you relpy it thankyou!

    ReplyDelete