Wednesday, August 6, 2014

OSMARU SASTRA INGGRIS UNS “FICTION”

F I  C T I O N

Poster by Reindra


A year ago, my friends of ED 12 and I made an event called FICTION, students’ orientation event held by English Department student 2012 for freshmen 2013.
This note talks about FICTION and stuffs. For a better writing so I decide to write this note in Bahasa Indonesia. J
I know I know, it’s time to show how bad my English is but it will be wiser to use bahasa Indonesia. #aha
Well, setiap tahunnya Sastra Inggris UNS memiliki konsep yang berbeda-beda dalam menyambut mahasiswa barunya. Ditahun 2012 (ketika saya jadi peserta) nama acaranya adalah OFF AIR kalau nggak salah kepanjangannya (Orientation For Freshmen and Inauguration Rendezvous). Sedangkan di tahun 2013 (saya sebagai panitia) nama acaranya adalah FICTION yang merupakan akronim dari Freshmen Inauguration Ceremony through Idyllic Orientation Necessity.
OFF AIR 2012: Parody group (My group)
Yang unik disini adalah panitia bukan berasal dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sastra Inggris a.k.a EDCOM, namun semua angkatan diatasnya persis mahasiswa baru. Yaph, semua mahasiswa satu angkatan menjadi panitia dalam acara ini. EDCOM disini tetap bekerja namun fungsinya sebagai steering committee (SC)/pengontrol/pengawas, bukan tim pelaksana kegiatan. Sehingga, semua mahasiswa bisa benar-benar memanfaatkan kegiatan ini untuk lebih dekat dan mengenal anggota keluarga baru Sastra Inggris.

Langsung saja ke topik utama yaitu FICTION, dibawah sudah saya sediakan info umum mengenai FICTION, check it out.

General info:
Name of event : FICTION (Freshmen Inauguration Ceremony through Idyllic Orientation Necessity)
Date                : 27 August – 6 October 2013
Main place      : Faculty of Letters and Visual Arts, Sebelas Maret University
Committees    : English Department students 2012
Participants     : All freshmen of English Department 2013
Concept:
1.  Pre-gathering
2. Gathering
3. Out bond
4. Inauguration night

Specific info/details:

Pre-gathering
Acara pre-gathering difungsikan sebagai sarana perkenalan awal dari panitia ke peserta dan sebaliknya. Namun fungsi pokok dari Pre-gathering adalah pemilihan KORTI (Koordinir Tingkat) a.k.a ketua angkatan yang biasanya merangkap menjadi ketua kelas di perkuliahan. Selain itu juga dipilih wakil korti, 2 bendahara dan 2 sekretaris. Fungsi pre-gath yang lain yaitu sebagai wadah #ceile wadah bahasaku# untuk membagi kelompok dan menyampaikan apa yang menjadi tugas dan kewajiban peserta OSMARU. Dan jujur saja tugasnya buanyaaaaakkkkkkkkkk BGT (red: Banget, bukan British Got Talent) #kwok #krikk.
Suasana Pre-Gath FICTION
Meskipun  diatas suasananya kelihatan tegang karena pada nunduk, sebenarnya mereka sedang melakukan voting untuk pemilihan korti angkatan. J

Pada dasarnya tugasnya tidak simple, yaitu membuat backsong group, jargon group, co-card, individual book (satu mahasiswa buat satu buku), buku kelompok (satu kelompok buat 1 buku), short video dan cost play (satu kelompok diwakilkan 2 anggota biasanya cowok cewek). Dan semuanya menggunakan bahasa inggris. Iya dong, Sastra Inggris lho~
Oya, tenang saja karena deadlinenya lama. Biasanya H+7 untuk beberapa items tugas.
FYI, Pre-gath FICTION was in 27th August 2013 at faculty of Letters and Visual Arts

Gathering
DiFICTION, gathering dilaksanakan tiga (3) kali. Yang biasanya disebut dengan Gathering I, Gathering II, dan Gathering III.
FICTION: Fairy tale group in action #Gath1
Gathering I dan III, diisi dengan penampilan backsong dan jargon masing-masing kelompok. Penampilan perkelompok dikomentari oleh tiga juri yang berasal dari angkatan yang berbeda. Oya, penonton untuk gathering I dan III adalah semua mahasiswa Sasing yang datang pada acara gathering.
FICTION: Romance group in action #Gath1
Sedangkan untuk gathering II, konsep acaranya berupa games antar peserta dan panitia. Panitia dan peserta lebur menjadi satu dan dibentuk kelompok sementara untuk acara games tersebut. Tujuan dari gathering II ini adalah untuk lebih mengakrabkan dan saling mengenal lebih dekat antara panitia dengan peserta. #modus untuk beberapa oknum khususnya yang *uhummm Jombl…. *uhummm single.
Ketika panitia dan peserta menjadi satu :3 #Gath2

FYI,
First Gathering: 10th September 2013 at Lembah teknik
Second Gathering: 20th September 2013 at GOR UNS
Third Gathering: 26th September 2013 at Lembah Teknik

Out Bond
Out bond dilaksanakan tepat sebelum malam inagurasi. Out bond disini melibatkan banyak angkatan mulai dari angakatan 2009, 2010, 2011, dan tentunya 2012 disetiap pos out bond. Sebagai wujud tradisi. diSasing selalu diadakan Water War. Biasanya antara angkatan baru vs angkatan lama. Tapi di FICTION angkatan yang lebih lama dari panitia berkoalisi dengan angkatan baru. However it was a very big and short game. So much fun in a short time and so much laugh.
Pembina EDCOM dan peserta out bond

Baik peserta dan panitia melakukan pemanasan sebelum out bond *biar g encok* #jangan dikriiik
FYI, out bond was held in 5th October 2013 in UNS.

Inauguration night
Ini adalah malamnya para peserta OSMARU. Pada malam puncak ini, semua peserta benar-benar having fun no burden at all except for the cost players yang bertugas sebagai mc sementara sebelum pemutaran video kelompok. Acara malam inagurasi ini adalah pemutaran video yang dibuat perkelompok, acoustic performances from both ED 12 and 13, surprises from the committee (Cinderella Remix and Flasmob), dan pembagian hadiah (jadi ada nominasi yang diberikan untuk setiap grup. Eg: best backsong, best outbond group, best cost play, dll.) Yang hadir di acara ini adalah dosen sastra inggris dan semua yang  pernah/sedang menjadi mahasiswa sastra inggris di UNS, termasuk pula alumni.
That awesome night happened in 6th October 2013 at Hall 307 building I, faculty of Letters and Visual Arts, Sebelas Maret University.

Those are the description of FICTION, the welcoming event for freshers 2013. I really enjoyed the event. Moreover all my friends who could work together splendidly.
I’ve attached other photos of this event below. All the photos were taken by Sie. Documentasi, special thanks to Aldita, Fadhil and Ajik, and also the camera owners; Ira, Tinong, and Rara. J
Folklore group (Best Co-card) and Ms. Nia
Fairytale group (Best Backsong) and Ms. Dini

Fabel group (Best Book) and Ms. Justine

Myth group (Best Video) and Ms. Nia

Romance group (Best Out bond) and Ms. Dini

Legend group (Best Group) and Ms. Justine

Fairytale group (Best of the Best) with the directors and me.


THE FASHMOB
You can enjoy the FLASHMOB here

Crew of BTB (Better Than Broadway)

BTB Accoustic

ALL COMMITTEE (ED 12)
Unfortunately one of us couldn't join with us.


1 comment:

  1. hi, I am a new student at UNS in English literature. I don't even pay the enrollment tuition yet. But I am scared already. I am here because I am curious about how orientation would happen. I am curious because I am worried, afraid, and all the negative thinking. All those negative thoughts come because I'm actually not that good at English (in all aspects), but I want to be close to English. I even use gramarly and google translate to write this. Not at all but most. Reading your story about new student orientation is make me feel scared, I even crying right now. All in English?? Individual book?? wth is that?? What I get myself into? you probably thinking then why did you choose this? I want to be close to English, but everything in English on the first day is too much. I am literally crying right now, I really am. What would I do when the day comes?? Oh, God...

    ReplyDelete