Wednesday, August 6, 2014

OSMARU UNS


*Oya, tulisan ini hanyalah info singkat yang sebenarnya sebagai background tulisan saya berikutnya mengenai OSMARU/OSPEK di jurusan Sastra Inggris UNS. Karena saya rasa terlalu umum, maka saya pisahkan postingan background dengan main bodynya.
Well, happy reading…
Gedung Rektorat UNS. Source: photostock.uns.ac.id

Orientasi Mahasiswa Baru (OSMARU) di UNS dilaksanakan menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah OSMARU yang diadakan pihak fakultas dan kedua dari pihak jurusan. Untuk pelaksanaan OSMARU tahap pertama waktu pelaksanaan di sembilan fakultas yang ada di UNS bersamaan yaitu selama tiga hari. Sedangkan untuk tahap dua sesuai dengan kebijakan jurusan masing-masing baik tanggal maupun lama pelaksanaan OSMARU.

Pada umumnya OSMARU hari pertama diisi dengan upacara di halaman rektorat dan dilanjutkan dengan kuliah umum perdana. Materi kuliah umum perdana bersifat umum mengingat peserta kuliah adalah mahasiswa dari seluruh jurusan. Kemudian dilanjutkan dengan materi pengenalan kampus oleh pihak fakultas. Hari kedua biasanya masih diisi dengan materi pengenalan kampus antara lain berkaitan dengan sejarah UNS, kehidupan kampus, SKS, perkuliahan, dll. Namun dihari kedua dan ketiga biasanya diselingi dengan perkenalan (Unit Kegiatan Mahasiswa) UKM yang terdapat difakultas.

OSMARU jurusan, khususnya di jurusan Sastra Inggris bisa dikatakan FUN sejak tahun 2011. Dahulu kala, kata kakak tingkat, OSMARU pakai fisik (ala militer). Kabar baik untuk angkatan baru, mulai dari tahun 2011, OSMARU di Sastra Inggris menjadi lebih menitik beratkan pada kekeluargaan. Meskipun disuatu rumah tangga terkadang juga terjadi KDRT. #STOP tidak usah dibahas.
Well, OSMARU jurusan disetiap jurusan berbeda. Baik itu waktu, lama, metode, dan tempat pelaksanaan. Untuk gambaran lebih jelas mengenai OSMARU jurusan khususnya di Sastra Inggris, keep on reading this blog. J


I’ve uploaded an overview of OSMARU in English Department. If you want to know that, click here.

No comments:

Post a Comment